Meet the Guru

FB Messenger buat anak bisa dikontak siapa saja lewat "Permintaan Pesan"


Orang tua tentu perlu mengawasi siapa-siapa saja teman-teman anak remaja di Media sosial sebab mereka inilah yang sehari-hari dapat berkomunikasi dengan anak kita, entah komunikasi itu lewat suara(telpon), video, atau mengirim tulisan maupun gambar. Dengan mengenal siapa-siapa yang berteman dengan anak, orang tua dapat merasa lebih nyaman dan tenang, sebab siapakah yang tega membiarkan anak-anak remajanya bergaul dengan sembarang orang?

Masalahnya, pengawasan teman-teman di medsos itu saja belumlah cukup.

Apalagi baru-baru ini FB Messenger mengeluarkan suatu fitur yang namanya "Permintaan Pesan". Artinya walaupun tidak berteman dengan anak, setiap pengguna Messenger lainnya dapat mengirimkan "Permintaan Pesan" kepada anak remaja kita. Dapat kah anak remaja kita menyaring "permintaan pesan" dari orang asing? Tentunya itu tergantung sejauh mana anak remaja kita terlatih dalam cyber safety. Sekali anak 'MENERMA' permintaan pesan itu, maka suatu percakapan panjang akan berlanjut. Semua itu bisa dilakukan tanpa sepengetahuan orang tua.

Jaman dulu dimana dalam satu rumah cuma ada satu telpon, tentu para orang tua dapat selalu memonitor siapa yang menelpon anak remaja kita. Saat telpon berdering, entah dari kenalan atau strangers, ada yang lebih dulu menyaringnya. Biasanya penyaringan itu dilakukan dengan baik oleh orang dewasa karena anak remaja umumnya masih kurang tegas menolak.

Kembali kepada fitur Messenger tadi. Setiap pengguna Messenger dari seluruh dunia, yang sekarang berjumlah 700 juta orang dapat mengirimkan "Permintaan Pesan" kepada anak remaja kita. Sebenarnya misi FB adalah baik, yakni untuk memberi kesempatan orang di seluruh dunia untuk dapat melacak atau mencari anggota keluarganya yang hilang dsb, namun fitur itupun pasti dapat disalah gunakan oleh orang-orang yang bermaksud buruk pada anak.

Lalu bagaimana?

Kita tentunya tidak menyarankan untuk mem-boikot Messenger karena yang penting adalah memberi pengertian dan edukasi kepada anak-anak. Bila mereka menerima "Permintaan Pesan", mereka bisa disarankan untuk memberitahu orang tua lebih dulu atau kalau tidak mereka juga bisa dibekali dengan ilmu menyaring, sehingga akhirnya mereka menjadi cakap untuk menerima atau menolak.

Bagaimana ilmu menyaring anda ?

Bila anda memiliki saran-saran, silahkan berbagi.

#internetsehat #cybersafety #digitalparenting #indonesia #anakindonesia

Hi, nama saya Immanuel...

Follow Us on Facebook

Featured Posts
Recent Posts
  • YouTube Social  Icon
  • Facebook Black Round
  • Twitter Black Round

© 2019 by Bijak Online

Proudly created with Wix.com

City of Casey, Melbourne, Australia

Email: cybersafetykeluarga@gmail.com

Phone: +61397047483

Skype: Immanuel.Daely